Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 25 Des 2021 20:55 WIB

Dirjen Otda: Konsep Pemerintahan IKN Administratif


					Dirjen Otda: Konsep Pemerintahan IKN Administratif Perbesar

Cakra86.id, Jakarta – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) Akmal Malik menjelaskan, konsep Pemerintahan yang ada di Ibukota Negara Baru (IKN) hanya bersifat administratif.

Menurut Akmal, daerah administratif tidak memiliki DPRD dan kepala daerah ditunjuk langsung presiden. Sehingga tidak ada Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) untuk mencegah konflik politik lokal di ibu kota negara yang baru nanti.

“Pemerintah mengatur tentang susunan Pemerintahan di Ibukota Negara yang baru ini nantinya tidak akan ada Pemerintah Daerah, DPRD Kabupaten/Kota, sehingga Ibukota Negara ini sifatnya hanya administratif,” ucapnya dalam Webinar Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) tentang “Rancangan Undang-Undang Ibukota Negara Dalam Perspektif Ilmu Pemerintahan”, Sabtu (25/12/2021).

Webinar tersebut dihadiri narasumber diantaranya: Wakil Ketua Komisi II DPR RI sekaligus Pimpinan Pansus IKN Saan Mustopa, Sugiono Komisi I DPR RI sekaligus Pimpinan Pansus IKN, dan Pengamat Kebijakan Publik sekaligus Rektor Universitas Mulawarman Prof. Masjaya.

Acara ini dibuka langsung oleh Sekjen MIPI Baharuddin Thahir, ia menyampaikan tentang RUU ini sangat krusial untuk dikaji dari berbagai aspek RUU IKN.

“RUU Ibukota Negara merupakan hal yang krusial untuk dibahas dalam diskusi kali ini, MIPI selaku bagian dari masyarakat akan terus melakukan diskusi dalam hal ini,” ujarnya

Pansus IKN Sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menyampaikan soal urgensi perpindahan Ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan.

“Pemindahan Ibukota Negara sudah diatur sejak jaman Pemerintah yang dulu, sebab banyak pertimbangan terkait wacana perpindahan Ibukota Negara tersebut,” tuturnya. (*)

MIPI

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Plt Bupati lantik Direktur PUDAM Tirta Bina Labuhanbatu periode 2024-2029.

19 Juli 2024 - 07:35 WIB

Inspektorat Labuhanbatu bersama Polres dan Kejaksaan Negeri lakukan sosialisasi anti korupsi dan gratifikasi.

18 Juli 2024 - 22:13 WIB

Pemkab Labuhanbatu ikuti pembelajaran ASN se Provinsi Sumatera Utara.

18 Juli 2024 - 03:57 WIB

Hasilkan sejumlah Penghargaan sinergitas Pemkab Labuhanbatu dan Kodim 0209/LB di TMMD ke 120.

17 Juli 2024 - 09:19 WIB

Plt Bupati Labuhanbatu prioritaskan pembangunan jalan Pangkatan-Tanjung Sarang.

16 Juli 2024 - 12:50 WIB

Kepala desa Tebing Linggahara baru bersama Perangkat desa terima kunjungan Tim BPS kabupaten Labuhanbatu.

11 Juni 2024 - 14:39 WIB

Trending di Pemerintahan

Sorry. No data so far.