Menu

Mode Gelap

Headline · 2 Jul 2022 11:38 WIB

LSM Pamatank Desak Inspektorat Pringsewu Lakukan Audit Gedung Balai Kemasyarakatan Fajar Agung Barat


					Suadi Romli Ketua DPP LSM Pematank. (Davit/Cakra86.id) Perbesar

Suadi Romli Ketua DPP LSM Pematank. (Davit/Cakra86.id)

Cakra86.ID, PRINGSEWU – LSM Pergerakan Masyarakat Analisis Kebijakan (Pematank) mendesak Inspektorat Kabupaten Pringsewu untuk melakukan Audit terkait pekerjaan pembangunan gedung balai kemasyarakatan pekon Fajar Agung Barat, Kabupaten Pringsewu bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020 diduga mangrak.

” Dalam hal ini Kami mendesak inspektorat kabupaten Pringsewu untuk melakukan audit pembangunan gedung balai kemasyarakatan di pekon Fajar Agung Barat, “kata Suadi Romli Ketua DPP LSM Pematank, Sabtu (2/7/22).

Menurut Suadi Romli, pihaknya akan mengawal persoalan tersebut hingga tuntas.

“Bahkan, dalam hal ini jika ditemukan berpotensi merugikan negara, maka dapat kami pastikan akan melaporkan persoalan ini ke aparat penegak hukum (APH) supaya ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku, “tegas Romli.

Gedung balai kemasyarakatan pekon Fajar Agung Barat. (Davit)

BERITA SEBELUMNYA : Beginilah kondisi bangunan calon gedung balai kemasyarakatan Pekon Fajar Agung Barat, Kecamatan Pringsewu.

Gedung yang rencananya akan berdiri kokoh dengan ketinggian atap yang menjulang, sementara hanya mampu didirikan tiang diatas pondasi.

Penyebab gedung tersebut belum terselesaikan hingga 100% masih samar-samar.

Sementara itu, kepala Pekon Fajar Agung Barat Subur Adi Riwanto A.Md mengaku tidak sepenuhnya mengetahui rincian detail pembangunan gedung tersebut.

Ia menjelaskan, terhitung sejak dimulainya perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan gedung tersebut kala itu dirinya belum menjabat sebagai kepala Pekon.

Untuk itu, ia mengaku tidak sepenuhnya mengetahui rincian nominal termasuk hingga mekanisme pelaksanaannya.

“Saya tidak faham detailnya, karena waktu itu saya belum jadi kepala Pekon. Untuk lebih jelasnya silahkan bertanya pada sekdes saya, “kata Subur saat dikonfirmasi dikantornya, Senin (7/2/22).

Dikonfirmasi ditempat yang sama, Haryadi selaku sekretaris Pekon setempat beralasan, terhentinya pelaksanaan pembangunan gedung balai kemasyarakatan Pekon Fajar Agung Barat karena keterbatasan anggaran.

Akibat dampak wabah Covid-19, dimasa pandemi virus tersebut, pembangunan gedung yang seharusnya bisa dilanjutkan dengan anggaran Dana Desa (DD) tahap berikutnya, hingga sekarang, akhirnya mangkrak belum juga dapat terselesaikan.

“Adanya pandemi Covid-19, anggaran Dana Desa yang sudah di RAB-kan untuk melanjutkan pembangunan gedung tersebut dialihkan untuk penanggulangan dampak dari virus tersebut. Namun pada gedung yang dibangun belum terselesaikan itu sudah sesuai dengan nominal anggaran, baik untuk material ataupun upah pekerja. Kami merangkul masyarakat lokal dipekerjakan saat itu, “jelas Haryadi.

Melansir sumber internet, pembangunan gedung balai kemasyarakatan di Pekon Fajar Agung Barat direalisasikan melalui anggaran dana desa tahun 2020.

Pada tahap ke 2 di tahun tersebut, terhitung sejak dimulainya pelaksanaan pembangunan, sementara pemerintah pekon setempat telah menganggarkan sebesar Rp.362.697.200.

Indra Gunawan, kala itu menjabat selaku Pj kepala Pekon Fajar Agung Barat menyayangkan tidak terselesaikan pembangunan tersebut.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan gedung balai kemasyarakatan tersebut kala itu akan dikerjakan 3 tahap.

Untuk tahap pertama dilakukan pembuatan pondasi serta kerangka atap.

Terbenturnya situasi pandemi Covid-19 membuat bangunan tersebut terbengkalai karena akibat ketersediaan anggaran yang dialihkan untuk penanggulangan bencana Covid-19 ditahun tersebut.

” Waktu itu gedung balai kemasyarakatan akan dikerjakan 3tahap. Anggaran tahap pertama dikerjakan untuk pondasi tiang serta seluruh kerangka atap. Kerjaan terbengkalai karena terbentur situasi Covid-19, hingga anggaran digunakan untuk penanggulangan. Untuk pembiayaan pertama yaitu sebesar Rp.Rp.362.697.200 sudah sesuai dengan RAB-nya, “kata Indra Gunawan ketika dikonfirmasi via telepon, Selasa (8/2/22). (Davit)

Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jaga Kesehatan Lansia, Posyandu Pekon Nusawungu Berikan Layanan Kesehatan

29 Mei 2024 - 14:48 WIB

Peningkatan Kapasitas Jalan, Pekon Sinar Mulya Bangun Jalan Rabat Beton

29 Mei 2024 - 14:07 WIB

Pj. Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan, Melaksanakan Penilaian Penjabat Kepala Daerah di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri

29 Mei 2024 - 12:06 WIB

Dukung Ketahanan Pangan Pekon Totokarto Bagikan Bibit Padi Dana Desa

29 Mei 2024 - 12:03 WIB

Tahap Pertama DD 2024 Pekon Totokarto Bangun Jalan Onderlagh

29 Mei 2024 - 12:01 WIB

Pj Bupati Pringsewu Jawab Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD

29 Mei 2024 - 11:58 WIB

Trending di Headline

Sorry. No data so far.