Menu

Mode Gelap

Headline · 8 Feb 2022 18:35 WIB

Miris, DAK Dinas PUPR Labuhanbatu TA 2021 Tidak Terserap, Kontrak Rekanan Dputus.


					Miris, DAK Dinas PUPR Labuhanbatu TA 2021 Tidak Terserap, Kontrak Rekanan Dputus. Perbesar

Keterangan : fhoto infrastruktur jalan Dinas PUPR Labuhanbatu “Mangkrak”.

Cakra86.id, Labuhanbatu – Ricuh persoalan pekerjaan paket proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Labuhanbatu provinsj Sumatera Utara.

Pasalnya, banyak paket proyek infrastruktur jalan jembatan tahun anggaran 2021 terjadi “Mangkrak”, akibat diputus kontrak oleh OPD Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu.

Konon kata nara sumber PT Raja Batu, putus kontrak tersebut telah bercampur Nuansa Politik dan akhirnya tidak sehat juga terjadi “Monopoli” pekerjaan proyek dengan memutus kontrak yang masih berjalan.

“Dokumen kontrak paket pekerjaan peningkatan jalan Bandar Tinggi Padang Haloban (Sibargot) Kecamtan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu sumber annggaran DAK TA 2021 pagu Rp 7,2 milyar, kontrak masih satu bulan lagi berlaku, tidak tahu kenapa diputus kontraknya oleh pejabat PPK Dinas PUPR Labuhanbatu”, ucap mitra rekanan PT Raja Batu kepada awak media Cakra86.com, Senin (07/02/2022) dirumahnya.

Rekanan PT Raja Batu adalah pemenang tender tahun anggaran 2021 lalu, dengan judul paket Proyek Lanjutan Peningkatan Jalan Bandar Tinggi – Padang Haloban ( Sibargot) Kecamatan Bilah Barat Labuhanbatu dengan sumber anngaran DAK 2021 sebesar Rp 7,2 Milyar.dan peningkatan jalan Danau Balai – Urung Kompas Rp 3,5 milyar. Ironisnya, kedua paket pekerjaan proyek tersebut telah diputus kontraknya sepihak oleh pejabat Dinas PUPR Labuhanbatu.

“Satu sen pun untuk uang panjar (DP red) pekerjaan paket proyek itu, tidak ada kita meminta. Kita masih sanggup dengan modal kita. Anehnya, kita masih sanggup, tampa beban hutang, ehh, kontrak kita PT Raja Batu tersebut dibulan Nopember 2021 kemaren, diputus kontraknya sepihak dan tidak tahu penyebabnya oleh pihak penyedia barang dan / jasa Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu, tampa ada pemberitahuan ataupun solusinya”, sebut sumber PT Raja Batu.

Menurut sumber PT Raja Batu, bahwa pekerjaan yang diperuntukan Judul Paket Proyek yaitu Lanjutan Peningkatan Jalan Bandar Tinggi Padang Haloban (Sibargot) Kecamatan Bilah Barat Labuhanbatu anggaran DAK TA 2021 volume Rp 7,2 Milyar tersebut telah 70 persen siap dikerjakan dilapangan.

“Semua badan jalan, parit dan lainnya sudah selesai kita kerjakan. Tinggal masuk aspal Hotmix sesuai dokumen Besteknya. Dan, dokumen kontrak PT Raja Batu, masih ada waktu kita sekitar satu bulan lagi baru habis ( mati red ). Artinya, waktu Limit kerja kita masih panjang dan kalau kontrak kita tidak diputus, PT Raja Batu pasti selesaikan pekerjaan Lanjutan Peningkatan Jalan Hotmix Bandar Tinggi Padang Haloban (Sibargot ) Kecamatan Bilah Barat Rp 7,2 milyar tersebut, dengan tepat waktu dan tidak melebihi tahun anggaran 2021”, ucapnya.

Dijelaskan sumber PT Raja Batu lagi, bahwa kemaren, sewaktu pemutusan kontrak PT Raja Batu, pihak OPD Dinas PUPR Labuhanbatu melalui Plt Kadis PUPR Labuhanbatu Ir H M Safrin dan oknum Pejabat PPK Insial Rizaldi, mau membayar hasil pekerjaan PT Raja Batu sebesar 6 persen.

“Hasil yang sudah kita kerjakan dilapangan, mau dibayar oleh pihak OPD Dinas PUPR Labuhanbatu sebesar 6 persen. Mana mau kita PT Raja Batu dibayar hanya 6 persen dari hasil kerjaan. Kenapa kita tidak mau, sebab, yang sudah kita kerjakan dilapangan mencapai 70 persen. Dan, itu hanya tinggal masukkan aspal Hotmix yang sudah jadi dan selesai. Pekerjaan hanya tinggal pengaspalan badan jalan, 30 persen lagi selesai dan kalau lanjut, kita pastikan tepat waktu, tidak melewati waktu yang ditentukan yaitu Desember 2021”, ungkap sumber PT Raja Batu.

Masih menurut sumber PT Raja Batu, bahwa paket proyek yang diputus kontraknya oleh pihak Dinas PUPR Labuhanbatu, yaitu ada tujuh paket lebih. Namun, volume anggaran besar mencapai milyaran rupiah adalah, paket Proyek Peningkatan jalan dari Danau Balai – Urung Kompas sumber anggaran DAK Rp 3,5 milyar. Dan, paket pekerjaan proyek Peningkatan jalan Bandar Tinggi Padang Haloban (Sibargot) Kecamatan Bilah Barat sumber anggaran DAK TA 2021 dengan besar anggaran Rp 7,2 milyar.

“Kalau untuk pekerjaan paket proyek Sibargot Bilah Barat itu, kami PT Raja Batu telah habiskan dana pengeluaran sebesar Rp 3 milyar. Mana lah mungkin mau kami dibayar hanya sebesar 6 persen begitu saja. Tampa ada solusinya”, katanya.

Menurut PT Raja Batu lagi, bahwa urusan terkait proyek di Dinas PUPR Labuhanbatu walaupun di anggaran tahun 2021 kemaren, sudah masuk campur Politik, dari atas dan mungkin akibat Pilkada yang telah berlalu.

“Maunya jangan seperti itu, Pemerintahan kita ini. Yang lalu biar lah berlalu. Namun, kalau begini juga arus Politik nya, yang memonopoli kepada kontraktor sebagai pemenang tender yang Syah. Yang begitu itu tidak bisa dibiarkan. Sama artinya, mematikan rekanan sebagai pengusaha kontraktor dan artinya, di OPD Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu tersebut, sudah tidak sehat lagi”, jelas sumber PT Raja Batu.

Terpisah, Plt Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Labuhanbatu Ir H M Safrin MSi, berulangkali dilakukan Konfirmasi terkait banyaknya pekerjaan Proyek Infrastruktur jalan yang “Mangkrak” didaerah Kabupaten Labuhanbatu, Plt Kadis PUPR Safrin tidak dapat ditemui dikantornya untuk lakukan konfirmai. Dan, sama hal dengan oknum pejabat PPK Dinas PUPR Labuhanbatu bernama Rizaldi, selaku pengawas dan penanggungjawab dari pelaksanaan dan hasil pekerjaan paket Proyek Infrastruktur jalan jembatan tahun anggaran 2021, enggan dikonfirmasi awak media wartawan Cakra86.id, terkait putus kontrak serta masih terdapat paket proyek infrastruktur jalan TA 2021 yang sampai saat ini tidak dikerjakan oleh kontraktor sebagai rekanan pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Diduga proyek Fiktip.

(Moratua Tanjung)

 

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jajaran Pengurus DPC-KWRI Kabupaten Pringsewu Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H 2024

16 Juni 2024 - 02:34 WIB

Sukses, BLT-DD Pekon Sidodadi disalurkan Sesuai Jumlah KPM

15 Juni 2024 - 07:15 WIB

Sukses, Dana Desa Tahap Satu Sidodadi Bagun Jalan Lapen dan Gorong-gorong

14 Juni 2024 - 10:39 WIB

Pemerintahan Pekon Neglasari Laksanakan PMT Anak Sunting Dan Ibu Hamil

13 Juni 2024 - 12:04 WIB

Pembangunan Tembok Penahan Tanah Dusun 1 Jalan Cendrawasi Pekon Wonosari Dilaksanakan

13 Juni 2024 - 12:01 WIB

Sukses Pekon Ambarawa Salurkan Beras Bantuan ke 379 KPM

13 Juni 2024 - 11:59 WIB

Trending di Headline

Sorry. No data so far.