Menu

Mode Gelap

Headline · 10 Mei 2023 23:39 WIB

Pembukaan TMMD ke 116 T.A 2023 di Desa Siangan, Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat


					Pembukaan TMMD ke 116 T.A 2023 di Desa Siangan, Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat Perbesar

GIANYAR, CAKRA86.ID – Upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 T.A 2023 di lapangan Wibisana,  Banjar Teruna, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, dibuka langsung oleh Bupati Gianyar sebagai inspektur upacara, I Made Agus Mahayastra. Rabu, (10/5/2023) pukul 10.00 Wita.

Dalam upacara pembukaan TMMD ke 116 tersebut dihadiri oleh Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI. Agus M. Latif, Waaster Kasdam IX/ Udayana, Letkol Arh. Hari Purnomo, Kasi Intel Kasrem 163/WSA, Kolonel Inf. Dwi Agung Sutrisno, Kasi Ops Kasrem 163/WSA, Kolonel Inf. Komang Agus Marthana Putra, Kasiter Kasrem 163/WSA, Kolonel Inf. Hari Sandi C., Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf. Eka Wira Dharmawan beserta jajaran Kodim 1616/Gianyar, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Arh. Tamaji, Dandim 1617/Jembrana, Letkol Inf. Teguh Dwi Raharja, Danyon Zipur 18/YKR, diwakili Kapten Czi. Odilliya Timor, Danyonif 900/Raider, diwakili Lettu. Inf. Ketut Joni Arnata, Danyonif Mekanis 741/GN, diwakili Lettu Inf. Bimo, Kapolres Gianyar, AKBP. I Ketut Widiada beserta jajarannya, Sekda Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Alit Mudiarta, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, Wayan Tagel Winarta, Kasatpol PP Kabupaten Gianyar, I Made Watha, Kajari Gianyar, Agus Wirawan Eko Saputro, Ketua Pengadilan Negeri Gianyar, Sony Alfian Blegoer Laoemoery S.H., Ketua PKK Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Ketua dan pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXV Kodim 1616/Gianyar beserta anggota Persit, Camat Gianyar, I Komang Alit Adnyana Putra,  perbekel Desa Sidan, serta seluruh komponen tokoh dan masyarakat Desa Siangan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1616/Gianyar menyampaikan ke awak media bahwa, program TMMD yang berlangsung di Desa Siangan bertujuan membantu kegiatan pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan melalui pembangunan fisik berupa pembukaan dan perabatan Jalan Usaha Tani (JUT) di Subak Dauh Gianyar, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar dengan menghubungkan Banjar Roban dan Banjar Selat sepanjang 1390 meter dengan lebar 3 meter serta Non fisik diantaranya, penyuluhan kesadaran Bela Negara dan Cinta Tanah Air, percepatan penurunan stunting, Pos Yandu, Pos Bindu, Wawasan Kebangsaan, dan lain-lain. Juga  memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat guna menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

“Kami Optimis bahwa pelaksanaan TMMD ke 116 di Desa Siangan dapat mencapai target sesuai dengan masa pelaksanaan TMMD yang dimulai dari tanggal 10 mei sampai dengan 8 Juni 2023,” ucap King Of Sparko.

Di waktu yang sama, Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI. Agus M. Latif saat di tanya oleh awak media tentang mekanisme pengajuan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) mengatakan bahwa,

“Pengajuan TMMD ini berawal mulai dari tingkat Babinsa diusulkan ke tingkat Danramilnya dan itupun melalui proses dari tingkat Desa ke tingkat Kecamatan lalu disampaikan ke kodim diseleksikan dan disinergikan dengan apa yang menjadi program pemerintahan daerah, setelah itu kita munculkan dan ajukan ke tingkat pusat, baru kemudian kita ajukan ini program sebagai TMMD di daerah Kodim itu sendiri. Lanjut teknisnya itu sendiri tidak cukup waktu 1 bulan, kita persiapkan itu jauh sebelumnya, dua bulan sebelum kita melaksanakan pra TMMD tersebut supaya pelaksanaan pengerjaan itu dapat sesuai dengan tepat sasaran dan tepat waktu sampai dengan terakhir nanti ditutup, itu sudah selesai dilaksanakan,” beber Danrem 163/Wira Satya.

Adapun personil yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ke 116 berjumlah 150 personil yang terdiri dari TNI AD, TNI AU, dan TNI AL. Usai upacara pembukaan TMMD 116 T.A 2023 selesai, Dandim 1616/Gianyar bersama rombongan berkesempatan meninjau lokasi TMMD di Subak Dauh Siangan, serta menjelaskan secara rinci pelaksanaan kegiatan TMMD yang sedang berjalan tersebut. (Tim)

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jaga Kesehatan Lansia, Posyandu Pekon Nusawungu Berikan Layanan Kesehatan

29 Mei 2024 - 14:48 WIB

Peningkatan Kapasitas Jalan, Pekon Sinar Mulya Bangun Jalan Rabat Beton

29 Mei 2024 - 14:07 WIB

Pj. Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan, Melaksanakan Penilaian Penjabat Kepala Daerah di Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri

29 Mei 2024 - 12:06 WIB

Dukung Ketahanan Pangan Pekon Totokarto Bagikan Bibit Padi Dana Desa

29 Mei 2024 - 12:03 WIB

Tahap Pertama DD 2024 Pekon Totokarto Bangun Jalan Onderlagh

29 Mei 2024 - 12:01 WIB

Pj Bupati Pringsewu Jawab Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD

29 Mei 2024 - 11:58 WIB

Trending di Headline

Sorry. No data so far.